Minggu, 17 Oktober 2010

Mars

http://www.harrybishop.ca/wp-content/uploads/2009/02/face_on_mars.jpg Pernah mendapat email mengenai penampakan wajah di planet Mars seperti gambar di samping ini ?
Beberapa email bahkan dengan absurdnya memberitakan bahwa di Mars sudah ada kehidupan modern sehingga bisa membuat sebuah bukit jadi mirip wajah seorang manusia, bahkan ada yang lebih konyol lagi dengan menempelkan gambar seekor gorilla disana :lol:
Sebenarnya gambar disamping adalah foto asli dari sebuah region di planet Mars. Region bernama Cydonia berisikan beberapa bukit yang salah satunya adalah bukit yang berbentuk mirip wajah manusia.
Foto keseluruhannya bisa di lihat di bawah ini, foto ini diambil dari Viking Orbiter pada tanggal 25 Juli 1976.
http://www.universetoday.com/wp-content/uploads/2010/07/face-on-mars-original-580x427.jpg
Pada foto di atas terdapat banyak titik kecil berwarna hitam, titik-titik itu diakibatkan kesalahan data dari foto tersebut. Sebagai informasi, pada saat foto diambil, gambar yang terlihat tidaklah tampil seperti layaknya kalau kita melihat hasil jepretan digital kamera, tapi masih berupa data mentah yang harus diolah terlebih dahulu di mesin pemroses foto.
Teknologilah yang akhirnya bisa membuktikan bahwa foto wajah di Mars hanyalah sebuah bukit yang karena efek pencahayaan dan rendahnya resolusi kamera yang dipakai pada Viking 1. Pada tahun 1998 dan 2001 Mars Global Surveyor (MGS) juga mengambil foto Cydonia dan hasilnya tidak lagi berbentuk wajah manusia.
http://www.universetoday.com/wp-content/uploads/2010/07/threefaces.gifDari kiri ke kanan : Viking 1 1976, MGS 1998, dan MGS 2001
Dan terakhir pada tahun 2007 HiRISE dengan kecanggihan kamera yang dimilikinya mengambil foto dengan resolusi tinggi seperti yang terlihat di bawah ini
http://www.universetoday.com/wp-content/uploads/2010/07/face-on-mars-hirise.jpg
Dari foto terakhir ini hilang sudah wajah yang dihebohkan di email-email atau artikel lainnya, karena seperti penjelasan di atas bahwa gambar wajah tersebut ada karena kurangnya resolusi kamera dan sudut cahaya yang tertangkap pada saat foto diambil.


Sumber :
universetoday.com
metaresearch.org
wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar